02 November, 2016

tugas 2 softskill inovasi SI

1. profesi si/ti

1.1 PENGERTIAN, CIRI-CIRI, DAN KODE ETIK PROFESIONALISME

Profesionalisme adalah kompetensi untuk melaksanakan tugas dan fungsinya secara baik dan benar dan juga komitmen dari para anggota dari sebuah profesi untuk meningkatkan kemampuan dari seorang karyawan.

Ciri-ciri Profesionalisme IT
Ciri-ciri Profesionalime yang harus dimiliki oleh seorang IT berbeda dari bidang pekerjaan yang lainnya. Ciri-cirinya adalah sebagai berikut :
 1. Memiliki kemampuan / keterampilan                                                                                                 
2. Punya ilmu dan pengalaman dalam menganalisa suatu software atau Program.
 3. Bekerja di bawah disiplin kerja
 4. mampu melakukan pendekatan disipliner
 5. Mampu bekerja sama
 6. Cepat tanggap terhadap masalah client.


Kode etik    yang harus dimiliki oleh seorang IT adalah :
1. Orang IT harus bertanggung jawab terhadap hardware dan software.                                                 
2. Orang IT sebagai orang yang paling tahu akan bisnis proses perusahaan mempunyai kode etik yang     mendasar untuk menjaga kerahasiaannya. Perusahaan sendiri mengantisipasi hal ini dengan adanya     kontrak kerahasiaan yang wajib ditandatangani oleh orang IT.
3. Sangat diutamakan bahwa seorang IT harus mempunyai etika yang membangun.

1.2 Jenis-jenis profesi di bidang it
  • ·         Sistem Analis (Analyst System), merupakan orang yang bertugas menganalisa sistem yang akan diimplementasikan, mulai dari menganalisa sistem yang ada, kelebihan dan kekurangannya, sampai studi kelayakan dan desain sistem yang akan dikembangkan.
  • ·         Programer, adalah orang yang bertugas mengimplementasikan rancangan system analyst, yaitu membuat program (baik itu apliksai maupun sistem operasi) sesuai dengan sistem yang dianalisa sebelumnya.
  • ·         Technical Engineer, atau sering juga disebut teknisi, yaitu orang yang berkecimpung dalam bidang teknik, baik pemeliharaan maupun perbaikan perangkat Sistem Komputer.
  • ·         Networking Engineer, yaitu orang yang berkecimpung dalam bidang teknis jaringan komputer dari maintenance sampai pada troubleshooting-nya.

1.3 DESKRIPSI KERJA PROFESI IT
Pada deskripsi ini saya akan mendeskripsikan untuk pekerjaan sistem analis yang akan saya jelaskan dengan singkat, jelas, dan mudah dimengerti
  System Analyst

Deskripsi Pekerjaan System analyst System analyst merancang solusi IT baru untuk meningkatkan efisiensi bisnis dan produktifitas. Pekerjaannya dapat untuk ekstrenal client atau internal client(seperti departemen dalam organisasi yang sama). Bekerja secara dekat dengan client, analyst memeriksa model bisnis dan aliran data, mendiskusikan penemuan mereka dengan client, dan merancang solusi IT yang tepat.
Mereka menghasilkan sketsa rancangan dan meminta sistem IT baru, menentukan operasi yang akan dijalankan oleh sistem, dan cara data akan dilihat oleh user, memberikan rancangannya pada client dan setelah disetujui, bekerja secara dekat dengan tim client untuk mengimplementasikan solusi. Aktivitas Kerja System analyst Kebanyakan system analyst bekerja pada tipe khusus sistem IT, dengan bermacam-macam tipe organisasi. Aktivitas kerja juga bergantung pada ukuran dan sifat dasar dari organisasi, tetapi biasanya meliputi:


• Berhubungan secara luas dengan eksternal atau internal client
• Menganalisa sistem (yang sudah ada) client
• Menerjemahkan keperluan client ke dalam laporan singkat proyek yang sangat khusus
• Mengenali pilihan untuk solusi potensial dan menilainya untuk kecocokan teknis dan bisnis
• Membuat solusi logis dan inovatif untuk permasalahan yang kompleks

1.4 STANDAR PROFESI DI INDONESIA

        Saat ini Teknologi Informasi (TI) berkembang sangat pesat. Secara tidak langsung dinamika industri di bidang ini juga meningkat dan menuntut para profesionalnya rutin dan berkesinambungan mengikuti aktifitas menambah ketrampilan dan pengetahuan baru, kemampuan profesi IT di bidangnya harus di kuasai tanpa kecuali. 
        
        Sertifikasi berbeda dengan ujian, lisensi ataupun registrasi. Registrasi mungkin berguna untuk statistik, tetapi tidak praktis untuk diterapkan akan lebih bermanfaat dengan sertifikasi, sertifikasi ini memiliki tujuan untuk :

  • ·         Membentuk tenaga praktisi TI yang berkualitas tinggi,                                                        
  • ·         Membentuk standar kerja TI yang tinggi,                                                                              
  • ·         Pengembangan profesional yang berkesinambungan. Sertifikasi ini merupakan
  • ·        P engakuan akan pengetahuan yang kaya (bermanfaat bagi promosi, gaji),                       
  •            Perencanaan karir,                                                                                                                      
  • ·         Profesional development,                                                                                                         
  • ·         Meningkatkan international marketability.                                                                               
1.5 CONTOH SERTIFIKASI NASIONAL DAN INTERNASIONAL

a. sertifikasi software dan database development
b. sertifikasi administration dan maintenance

      c. sertifikasi management dan audit

2.TREND SISTEM TI SAAT INI

2.1 TREND PRODUK PERBANKAN
Trend Produk Sistem Informasi Perbankan saat ini bank ritel di Indonesia memiliki produk dan layanan:
  • Tabungan                                                                                                                                    
  • Deposito                                                                                                                                     
  • Kartu Debit                                                                                                                                
  • Kartu Kredit                                                                                                                              
  • Perdagangan Bank Notes, Valas, dsb (Trade Finance) 
  • Giro                                                                       
        Jenis transaski sudah beragam baik menggunakan Kartu Debit, Kartu Kredit yang memanfaatkan jaringan ATM atau Debit Access Transaction umumnya di Cashier yang berlokasi di gerai, outlet tempat-tempat perbelanjaan. Bahwa dunia makin lama makin digital. Hal ini ditengarai oleh pesatnya perkembangan transaksi bisnis dan kegiatan non-bisnis yang makin beralih ke pemanfaatan komputer on-line.
Dipicu oleh perkembangan Internet, makin meningkatnya kemampuan hardware dan software dengan kecepatan tinggi dan penyebaran komputer, makin menyadarkan nasabah bank akan berbagai kemudahan yang didapatkan dengan ketersediaan layanan On-line banking.

e- commerce
Merupakan aplikasi perdagangan yang memanfaatkan fasilitas Internet, yang menjadikan setiap individu/ perusahaan dapat secara langsung tersambung secara digital ke perusahaan/individu lainnya untuk melakakukan transaksi bisnis.
Pemanfaatannya saat ini dapat dikategorikan dalam:      

1. Business to Business                                                                                               
2. Business to Customers

e- government
Sistem informasi pemerintahan yang berbasis web dan internet protocol untuk meningkatkan pelayanan pemerintah kepada warganya secara cepat dan murah. Contoh aplikasinya meliputi : KTP, Pajak, Fiskal dan SIM on-line.

e- resourches
Suatu bentuk Sistem Informasi Manajemen Pengelolaan Pendapatan Bagi Hasil Eksplorasi Sumber Daya Alam (SDA) yang saat ini masih diimplementasikan dibidang kelautan, dimana Pemerintah selaku pemegang hak pengelolaan membuat situs Internet tentang seluruh kandungan kekayaan alam, kebijakan ekploitasi, pola bagi hasil dan tatacara pembayarannya.

2.2 ARTI, MANFAAT, KEKURANGAN, DAN KELEBIHAN FACEBOOK
Facebook adalah salah satu dari sekian banyak Social Network atau Situs Jejaring Sosial yang ada di jagad web. Bila anda sebelumnya telah mengenal MySpace atau Friendster, maka Facebook pun tak jauh berbeda seperti kedua Social Network tersebut. Facebook pertama kali hadir pada bulan Februari 2004 dengan Mark Zuckerberg sebagai pendirinya.

Manfaat Facebook
Facebook telah menjadi situs sosial networking terbesar saat ini, ada bagitu banyak manfaat facebook yang bisa kita gunakan. Berikut adalah beberapa manfaat facebook yang sangat terasa dalam kehidupan manusia di zaman sekarang ini : 
·         Tempat Untuk Mencari Teman, manfaat yang paling terasa dari bintang adalah kita dapat menjumpai teman lama kita disini.
·         Tempat promosi, bisa menjadi media promosi yang sangat efektif. Saya sendiri sudah memanfaatkannya facebook dengan menggunakan Halaman The Koswara Blogs sebagai tempat promosi situs saya.
·         Tempat diskusi, salah satu fitur di situs jejaring sosial ini adalah group, yang berfungsi seperti forum. Anda bisa berdiskusi tentang apapun.

Kerugian Dari Facebook
Disamping mempunyai kelebihan facebook juga mempunyai kerugian, Berikut adalah kerugian dari facebook menurut :
·         Dapat Mengurangi waktu efektif anda, karena anda bisa bermain facebook berjam-jam.
·         Pornografi, facebook sangat memungkinkan untuk penyebaran poto-poto yang berbau pornografi.
·         Tugas sekolah tidak terhiraukan, para pelajar rela menghiraukan belajarnya demi bermain facebook.
·         Kerjaan tidak dihiraukan, bagi para pekerja facebook sangat penting sehingga pekerjaan sering terganggu akibat facebook.

Keuntungan Dari Facebook
Disamping Kerugian facebook juga mempunyai keuntungan, Berikut adalah keuntungan dari bermain facebook :
·         Menjalin silaturahmi, Islam menganjurkan kita untuk saling manjaga tali silaturahmi antar sesama umat islam.
·         Tempat belajar, banyak game pembelajaran disini, seperti mencoba tes toefl dan lain sebagainya.
·         Bisnis, bagi sebagian orang yang bermata bisnis, facebook merupakan salah satu ladang bisnis yang cukup menggiurkan.



No comments:

Post a Comment