SEJARAH PERKEMBANGAN
SISITEM/TEK.INFORMASI
Sejarah
perkembangan Teknologi Informasi. Teknologi Informasi mengalami perkembangan
yang cukup pesat. Berikut ini adalah penggolongan Teknologi Informasi sejak
zaman purba:
a. Manual:
sangat sederhana, pemakaian alat adalah dengan menggunakan tangan manusia.
Misalnya pada tahun 2500SM, manusia menggunakan abacus untuk berhitung.
Dan pada tahun 400SM mereka menggunakan kulit binatang untuk
menyampaikan informasi.
b. Mekanik:
sudah berbentuk mekanik yang digerakkan dengan tangan secara manual.
Pada zaman ini sudah mulai terjadi perubahan, misalnya: pada tahun 1623 seorang
ilmuwan dari Jerman yang bernama Wilhem Schikard menemukan mesin
penghitung pertama lalu kemudian penemuan ini mengalami perkembangan.
c. Mekanik
elektronik: peralatan mekanik yang digerakkan secara otomatis oleh motor
elektronik. Pada abad para Ilmuwan pun menemukan berbagai penemuan
mesin elektronik, misalnya pada tahun 1920 seorang ilmuwan
berkebangsaan Spanyol yaitu Leonardo Toressy Quevedo menemukan mesin penghitung
otomatis pertama.
d. Elektronik:
pada zaman ini peralatannya bekerja menggunakan elektronik penuh dan tidak
dibantu lagi oleh tangan manusia. Pada tahun 1944 Prof. Howard Aiken dari
Universitas Harvard melakukan operasi aritmetika dan logika secara otomatis.
Dan sampai sekarang para ilmuwan telah menemukan berbagai macam penemuan lain
salah satunya komputer. Komputer yang ditemukan oleh para ilmuwan dimulai dari
komputer generasi pertama sampai generasi keempat.
Setelah tadi
kita membahas tentang bagaimana sejarah perkembangan Teknologi Informasi
sekarang kita akan membahas tentang perkembangan komputer dari awal mula
tercipta hingga sudah secanggih sekarang ini.
Generasi komputer
1. Komputer generasi pertama (1946-1959)
Pada gambar nampak komputer ENIAC, yang merupakan komputer elektronik
pertama didunia yang mempunyai bobot seberat 30 ton, panjang 30 M dan tinggi
2.4 M dan membutuhkan daya listrik 174 kilowatts.
Berikut ini ciri-ciri komputer generasi pertama:
- Menggunakan
tabung hampa udara(vacuum tube) sebagai penguat sinyal.
- Dibuat dari
kaca.
- Program
hanya dapat dibuat dengan bahasa mesin.
- Ukuran
fisik sangat besar.
- Menggunakan
konsep stored-program dengan memori utamanya adalah magnetic core storage.
- Menggunakan
simpanan luar magnetic tape dan magnetic disk.
- Cepat
panas, sehingga memerlukan pendingin.
- Prosesnya
kurang cepat.
- Membutuhkan
daya listrik yang besar dan orientasi utamanya adalah untuk bisnis
2. Komputer generasi II (1959-1964)
Selanjutnya adalah komputer generasi ke-2 yang
menggunakan Transistor merupakan ciri khusus dari komputer generasi kedua.
Bahan bakunya terdiri atas tiga lapis yaitu basic, collector dan emmiter.
Transistor merupakan singkatan dari Transfer Resistor, yang
berarti mempengaruhi daya tahan antara dua atau tiga lapisan, maka
daya (resistor) yang ada pada lapisan berikutnya dapat pula dipengaruhi. Selain
itu transistor berfungsi sebagai penguat sinyal. Sebagai komponen padat,
transistor juga memiliki keunggulan lainnya yaitu: tidak mudah pecah, dan tidak
menyalurkan panas, serta hemat energi. Selain itu kapasitas memori utamanya
cukup besar( magnetic core storage) sampai puluhan ribu karakter.
3. Komputer generasi III (1964-1970)
Pada konsep semakin kecil dan semakin murah dari
transistor, akhirnya memacu orang untuk terus melakukan pelbagai penelitian.
Ribuan transistor akhirnya berhasil digabung dalam satu bentuk yang sangat
kecil. IC-Chip yang merupakan ciri khas komputer generasi ketiga yang terbuat
dari selicium.
Cincin magnetic tersebut dapat di-magnetisasi secara
satu arah ataupun berlawanan, dan akhirnya men-sinyalkan kondisi "ON"
ataupun "OFF" yang kemudian diterjemahkan menjadi konsep 0 dan 1
dalam system bilangan biner yang sangat dibutuhkan oleh komputer. Komputer
generasi ketiga ini tentu saja memiliki banyak keunggulan dibandingkan komputer
terdahulu karena komputer generasi ketiga ini lebih cepat dan tepat.
Kecepatannya hampir 10000kali dibandingkan dengan komputer generasi pertama
dengan ukuran microseconds bahkan nanoseconds. Dan alat-alat input maupun
outputmenggunakan visual display terminal(menampilkan gambar dan grafik), dapat
menerima dan mengeluarkan suara, penggunaan alat pembaca tinta magnetik.
4. Komputer generasi IV (dimulai dari tahun 1970)
Microprocessor merupakan ciri khas komputer
generasi ke-empat yang merupakan pemadatan ribuan IC kedalam sebuah Chip.
Karena bentuk yang semakin kecil dan kemampuan yang semakin meningkat dan harga
yang ditawarkan juga semakin murah. Microprocessor merupakan awal kelahiran
komputer personal. Pada tahun 1971, Intel Corp kemudian mengembangkan
microprocessor pertama serie 4004. Setelah IC tujuan pengembangan menjadi lebih
jelas yaitu mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik. Hal ini
menyebabkan kerja komputer menjadi lebih efisien juga meningkatkan daya kerja
komputer.
Dalam komputer generasi IV terdapat
Large Scale Integration(LSI) yang dapat memuat ratusan komponen dalam
sebuah chip. Dan pada tahun 1980-an dibuat kembali Very Large Scale
Integration(VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal. Kemudian
dikembangkan lagi menjadi Ultra-Large Scale Integration(ULSI) yang meningkatkan
jumlah tersebut menjadi jutaan.
Nah, tadi kita membahas bagaimana sejarah dan generasi komputer sekarang
kita akan membahas apa saja perangkat-perangkat yang mendukung kinerja sebuah
komputer. Did dalam sebuah komputer terdapat perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software)
pertama kita akan membahas tentang hardware
terlebih daulu
Di dalam komputer terdapat
beberapa hardware yang saling
terhubung sama lain kita
akan membahas mengenai perangkat keras (hardware) komputer beserta fungsinya, tanpa lama lagi yuk, kita langsung bahas saja.
Kategori
Dari Perangkat Keras (hardware) Komputer
Sebagaimana kita tau perangkat keras
(hardware) komputer itu banyak macamnya. Agar mempermudah kita dalam
memahaminya maka kita bagi ke dalam 4 kategori yaitu:
1. Input Device
Input device adalah unit yg
fungsinya sebagai media untk memasukkan data dari luar kedalam suatu
memori dan processor untk diolah guna menghasilkan informasi yg diperlukan. Input devices yg
umumnya digunakan pada computer (PC) adalah Keyboard, mouse,
joystick, touch pad, scanner dan lain-lain.
·
Keyboard
fungsinya memasukkan huruf, angka, karakter khusus, serta sebagai media bagi
user (pengguna) untk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan,
seperti menyimpan file, membuka file, dan perintah lainnya.
·
Mouse
fungsinya untuk memindahkan pointer atau kursor secara cepat serta menjalankan
peritah klik kiri dan kanan.
·
Touch
pad fungsinya yg sama dengan mouse namun memiliki bentuk yg berbeda yaitu
berupa bantalan sensitif terhadap sentuhan, biasanya ada di laptop.
·
Joystick
fungsinya untuk mengatur gerak suatu objek dalam komputer dengan menekan tombol
– tombol yang ada pada perangkat, biasanya di gunakan untk bermain games pada
komputer.
2. Process Device
Unit ini fungsinya untuk mengolah data
yang sudah di masukkan melalui perangkat keras masukan. Berikut akan dijelaskan
satu persatu yang termasuk dalam perangkat-perangkat pemrosesan.
·
Power
supply (PSU) berfungsi untuk menyalurkan arus listrik ke seluruh perangkat
keras komputer.
·
Motherboard
fungsinya menghubungkan seluruh komponen penyusun sebuah computer , artinya
mobo di sini mengemban tugas untk menghubungkan bahasa kode antar perangkat
keras agar dapat disinergikan menjadi sebuah aktivitas kerja perangkat
komputer.
·
Prosesor
fungsinya mengeksekusi perhitungan kompleks yang memungkinkan computer untk
bisa digunakan menjalankan program-program komputer, menjelajah internet,
memutar lagu, dan menjalankan sistem operasi Anda.
·
RAM (Random
Access Memory) fungsinya sebagai tempat penyimpanan data sementara. Memory
bekerja dengan menyimpan dan menyuplai data-data penting yg dibutuhkan
Processor dengan cepat untuk diolah menjadi informasi.
·
Vga
card (kartu grafis) fungsinya adalah untuk mengubah atau menerjemahkan
sinyal digital dari komputer ke monitor untk menampilkan grafis atau
menciptakan tampilan-tampilan pada layar monitor.
3.Control device
tugas dari
sistem kontraol adalah
1. Memelihara dorektori dari berkas dan
lokasi.
2. Menentukan jalan bagi main memory dan
alat penyimpanan sekunder.
3. Mengkoordinasi komunikasi antara CPU dan alat penyimpanan seknder.
4. Menyiapkan berkas penggunaan input
atau output telah selesai
4.
Storage Device
Storage
atau biasa juga disebut memory adalah suatu tempat penyimpanan atau penampung
data dan program. Contohnya seperti hardisk, fleshdisk, cd dan lainnya yg
fungsinya sebagai media penyimpanan data.
3. Output Device
Output device adalah perangkat-perangkat
komputer untuk menampilkan hasil akhir dari pengolahan yang dilakukan oleh
CPU. Perangkat ini merupakan alat yg sangat penting peranannya bagi pengguna
komputer karena akan memberikan hasil yg di inginkan dan dapat berbentuk pada
sebuah media contohnya kertas. Berikut ini beberapa perangkat yg termasuk dalam
output device.
·
Monitor
fungsinya menampilkan dua data atau informasi dalam bentuk teks atau grafik.
·
Printer
fungsinya untuk mencetak informasi yg dihasilkan oleh komputer pada media
kertas.
·
Speaker
adalah unit keluaran yg menghasilkan suara.
Evolusi Perangkat
Lunak
Setelah
kita membahas perangkat keras komputer, sekarang kita akan membahas evolusi
perangkat lunak. Pengembangan perangkat lunak dapat dibagi menjadi 4
tahap, yaitu :
Tahap Pertama (1950 – 1960)
Evolusi perangkat lunak tahap
pertama dimulai pada awal 1950-an
sampai pertengahan 1960. Pengembangan perangkat lunak pada tahap pertama
mempunyai ciri-ciri berorientasi batch, distribusi software terbatas untuk kalangan tertentu
sehingga apabila ada perusahaan yang ingin dibuatkan software khusus harus memesan terlebih dahulu.
Tahap Kedua ( 1960 – 1970)
Evolusi Perangkat Lunak Tahap
Kedua dimulai pertengahan tahun
1960-an sampai awal tahun 1970-an. Pengembangan perangkat lunak mempunyai
ciri-ciri multi user. Pengguna dari software sudah banyak dan bisa saling
berbagi. Ciri ini menunjukkan ada perkembangan baru yaitu interkasi
manusia dan komputer (Human
Computer Interaction).
Selain itu, ciri dari tahap
kedua ini adalah real time. Real Time disini
adalah suatu kondisi dimana sistem dapat mengumpulkan, menganalisa dan
mentransformasikan data dari banyak sumber kemudian mengatur proses serta
menghasilkan output yang diinginkan. Dalam tahap ini, sudah banyak juga
paket perangkat lunak yang beredar di pasaran serta muncul istilah database
dalam perangkat lunak.
Tahap Ketiga (1970 – 1990)
Evolusi Perangkat lUnak tahap
ketiga,
dimulai pertengahan tahun 1970 sampai awal tahun 1990. Pengembangan
perangkat lunak sudah maju sedemikian pesat. Perangkat lunak sudah
menggunakan sistem terdistribusi, sehingga penyampaian informasi dari komputer sumber ke
komputer tujuan akan terasa sangat cepat. Dalam era ini, perangkat
keras dari suatu komputer harganya sangat murah. Selain itu, pesanan
perangkat lunak sudah sangat mendominasi dari penyelesaian suatu masalah
sehingga penggunaan software pada masa itu sudah sedemikian jauh.
Tahap Keempat (1990 – 2000)
Evolusi Perangkat Lunak Tahap
Keempat dimulai tahun 1990 sampai tahun
2000. Pada tahap ini, perangkat lunak sudah mendominasi dari pengembangan
perangkat keras, sehingga perangkat keras dalam hal ini komputer sangat
dikendalikan oleh suatu sistem operasi. TIngkat kecerdasan dari perangkat
lunak semakin ditingkatkan sehingga perangkat lunak atau software dilatih
mempunyai kecerdasan seperti yang dimilik manusia. Terbukti dengan adanya
penemuan kecerdasan buatan, jaringan syaraf tiruan, sistem pakar dan logika
fuzzy. Jaringan komputer, pemrosesan komputer paralel sangat mendominasi pada
era ini. Dan, pada masa ini pula pemrograman sudah berorientasi obyek
(OOP).
Di dalam perangkat lunak juga terdapat
beberapa klasifikasi perangkat lunak tanpa lama lagi yuk, kita langsung bahas
saja.
Pertama
ada perangkat lunak sisitem di dalam perangkat lunak sistem terdapat :
1. Bahasa
Pemrograman
Bahasa pemrograman merupakan untaian kata-kata berupa
instruksi atau perintah-perintah yang biasanya terdiri dari banyak baris yang
bisa dimengerti oleh komputer. Bahasa pemrograman ini wajib dikuasai oleh seorang
developer agar dapat membangun sebuah aplikasi atau software. Dan untuk membuat
aplikasi tertentu maka digunakan juga bahasa pemrograman yang sesuai dengan
kebutuhan aplikasi yang akan dibuat tersebut.
Jumlah
bahasa pemrograman ini sangat banyak. Dari sekian banyak bahasa pemrograman
yang ada saat ini, tentu saja developer tidak menggunakan seluruh bahasa
pemrograman yang ada. Mereka hanya menggunakan 1 atau 2 bahasa pemrograman
dalam melakukan developing software. Berikut ini bahasa pemrograman yang sering
dipakai
1. JAVA
Java merupakan bahasa pemrograman
yang dapat dijalankan di berbagai platform, dari mulai PC sampai perangkat
mobile. Bahasa pemrograman ini awalnya dikembangkan pada The Green Project pada
tahun 1991 oleh Sun Microsystem yang kemudian dilepas pada Oracle. Java menjadi salah satu bahasa
pemrograman terpopuler bukan karena tanpa alasan, bahasa pemrograman ini
memiliki beberapa kelebihan seperti misalnya bisa berjalan di sistem operasi
yang berbeda-beda, kemudian bahasa pemrograman ini termasuk kedalam pemrograman
OOP (pemrograman orientasi objek) sehingga programer lebih mudah dalam menyusun
program menggunakan bahasa ini, selain itu bahasa ini juga memiliki library
yang lengkap sehingga akan sangat memudahkan programer. Dan saat ini merupakan
era dimana smartphone Android sangat banyak digunakan. Aplikasi dalam
smartphone Android dibangun menggunakan bahasa Java, sehingga banyak juga
programer-programer yang menggunakan bahasa ini karena memang sedang banyak
dibutuhkan.
2. PHP
PHP (PHP Hypertext
Pre-processor) merupakan bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan di
Indonesia. Selain karena gratis, PHP banyak digunakan karena bahasa pemrograman
ini merupakan server side scripting yang memang dirancang untuk membangun
website dinamis. Selain itu banyak website-website ternama seperti Facebook,
Wordpress, ataupun Digg yang menggunakan PHP dalam pengembangannya. PHP pertama
kali dikembangkan oleh Rasmus Lerdrorf.
3.JavaScript
JavaScript adalah bahasa pemrograma yang
dikembangkan oleh Netscape. Penggunaan JavaScript saat ini kebanyakan terdapat
pada pengembangan web. Dengan JavaScript ini kita bisa membuat web yang
interaktif dan menarik. Di Indonesia sendiri terdapat grup Facebook yang
membahas tentang JavaScript ini dengan nama JavaScript Indonesia. Grup yang beranggotakan lebih
dari 10 ribu orang ini masih aktif sampai sekarang.
4.C++
C++ merupakan
bahasa pemrograman pengembangan dari bahasa C. C++ dan C memiliki sintaks penulisan
yang hampir sama, meski begitu kedua bahasa pemrograman ini memiliki perbedaan
pada penyelesaian masalahnya. Pada bahasa C penyelesaian masalah dilakukan
dengan membagi-bagi kedalam sub-sub masalah yang lebih kecil lagi atau bisa
disebut bahasa pemrograman prosedural, sedangakan C++ berorientasi pada objek
dimana permasalahan dibagi-bagi kedalam class-class. C++ pertama kali
dikembangkan oleh Bjarne Stroustrup.
2. Operating
System (Sistem Operasi)
Operating system merupakan program yang berfungsi untuk mengatur sistem
kerja seluruh komputer seperti layaknya penerjemah antara hardware dan software
yang akan dilakukannya.
Contoh :
– microsoft windows merupakan perkembangan dari sistem MS DOS yang dikembangkan oleh microsoft dengan menggunakan tampilan GUI yang sangat bagus dan menarik contoh beberapa sistem operasi windows diantaranya : windows 98, 2000, xp, vista, 7, 8, 10.
– microsoft windows merupakan perkembangan dari sistem MS DOS yang dikembangkan oleh microsoft dengan menggunakan tampilan GUI yang sangat bagus dan menarik contoh beberapa sistem operasi windows diantaranya : windows 98, 2000, xp, vista, 7, 8, 10.
– LINUX
merupakan sistem operasi yang dibuat pada tahun 1991 LINUX merupakan
perkembangan dari UNIX dan LINUX juga merupakan sistem operasi yang bersifat
open source sehingga dapat di modifikasi. Contoh beberapa distro LINUX
diantaranya : debian, red hat, lindows, turbo linux, dll,
– Mac
OS merupakan sistem operasi yang dikembangkan dan dibuat oleh Apple
Computer yang dikhusukan untuk macintosh dan tidak kompatibel dengan PC IBM.
– UNIX
merupakan sistem opersi berbasis
text yang dikembangkan oleh AT&T Bell Labs dan di design sebagai sistem operasi portable,
multi tasking dan multi user.
3. Utility
Software (Program Bantu)
Software ini merupakan software jadi yang digunakan untuk membantu
mempermudah dalam menangani pekerjaan awal dalam pengoperasian komputer beserta
perangkatnya. Misalnya untuk
– memeriksa (scanning),
– menganalisa (analyzing),
– memperbaiki (repairing),
– mencari (searching),
– menggandakan (copying) file
– dan sebagainya
– menganalisa (analyzing),
– memperbaiki (repairing),
– mencari (searching),
– menggandakan (copying) file
– dan sebagainya
Setelah tadi kita
membahas tentang perangkat lunak sistem. Nah, sekarang lajut kita akan membahas
tentang perangkat lunak aplikasi.
Aplikasi office
Aplikasi Office adalah kumpulan aplikasi yang
digunakan untuk memudahkan pekerjaan perkantoran tanpa melakukan sebuah
pengkodean/Coding dengan bahasa pemrograman terlebih dahulu.
Fungsi dan kegunaan aplikasi office
Secara umum aplikasi
office terbagi menjadi
beberapa jenis menurut kegunaan dan fungsinya yakni:
Perangkat lunak pengolah kata (Word Processor) yang digunakan untuk membuat dokumen berbentuk surat kabar,
membuat label surat menjadikannya sebuah dokumen yang rapi dan tertata. contoh: Microsoft Word, OpenOffice Word,
Google Doc dan lain
lain.
Perangkat lunak pembuat presentasi yang digunakan untuk memudahkan manusia untuk membuat sebuah
presentasi yang menarik dengan mudah dan dapat menghasilkan sebuah presentasi
dengan lebih cepat tanpa harus mengetahui bahasa pemrograman. contoh: Microsoft Office Powerpoint,
OpenOffice Presentation, Google Slide dll.
Perangkat Lunak pengolah Spreadsheet yang digunakan untuk mengelola data yang kebanyakan datanya
ditampilkan dalam kolom dan baris/Tabel dan memiliki alat yang dapat
mempermudah perhitungan data dan juga penampilan data dalam penampilan
statistik.
Contoh
beberapa aplikasi office :
Open
Office
Libre Office
Aplikasi Multimedia
Aplikasi
multimedia adalah, aplikasi yang dirancang serta dibangun dengan menggabungkan
elemen-elemen seperti : dokumen, suara, gambar, animasi serta video.
Pemanfaatan dari aplikasi multimedia dapat berupa company profile, video untuk
tutorial, e-Learning, maupun Computer Based Training.
Banyak sekali
jenis aplikasi multimedia, mulai dari yang sekedar hanya untuk melihat (view)
saja sampai dengan membuat dan mengeditnya.
Aplikasi Internet
saat ini
aplikasi internet yang tersedia sudah banyak dan akan terus bertanbah seiring
dengan kemajuan teknologi informasi.
Dari sekian banyak aplikasi internet
yang ada saat ini yang paling banyak dikenal antara lain World Wide Web (www), E-mail, Mailing List,
News Group, Internet Relay Chat, dll.
Macam-Macam Aplikasi Internet
- WWW (World Wide Web)
WWW (World Wide Web) yaitu dokumen-dokumen internet yang
tersimpan di server-server yang ada di seluruh dunia. Dokumen web ini dibuat
dengan memakai format HTML.
- E-Mail
E-mail atau surat elektronik adalah aplikasi internet yang di
prgunakan untuk komunikasi surat-menyurat dalam bentuk komunikasi elektronik.
Ada situs yang memberikan layanan e-mail seperti yahoo! Dan Gmail,dan masih
banyak lagi yang lainnya.
- Mailing List
Mailing List atau Milis adalah sebuah aplikasi internet yang
dipergunakan sebagai sarana komunikasi diskusi atau bertukar informasi dalam
bentuk kelompok melalui e-mail.
- Newsgroup
Newsgroup adalah sebuah aplikasi internet yang dipakai untuk
melakukan komunikasi satu sama lain dalam bentuk sebuah forum. Biasanya,
anggota forum newsgroup memiliki kepentingan dan kesukaan yang sama dan
membahas topik tertentu.
Pemanfaatan Sistem /
Teknologi Informasi
1.
Pemanfaatan dalam bidang sains
Bidang
Sains: dalam bidang ini teknologi informasi dapat digunakan untuk meramalkan
cuaca,misalnya hujan. Dengan manfaat ini masyarakat dapat mengantisipasi
kondisi tersebut. Selain peramalan cuaca manfaat lainnya yaitu dapat
meluncurkan satelit yang bisa kita pantau dari bumi.
2.
Pemanfaatan dalam bidang ekonomi
Bidang
Ekonomi : pemanfaatan teknologi informasi bagi para pelaku ekonomi yaitu melaui
e-Commerce, dengan e-Commerce pemilik usaha dapat mempublish usahanya melalui
internet. Seperti misalnya informasi mengenai spesifikasi dan harga produk yang
dijual serta transaksi penjualannya.
Bidang
Pendidikan : peran teknologi di bidang ini memang sangat penting. Karena dengan
teknologi dunia pendidikan bisa lebih efektif dan memudahkan para pelajar
mendapatkan tambahan atu mengembangkan materi yang dipelajarinya. Selain itu
teknologi memudahkan juga dalam proses belajarnya seperti E-Learning, proses
belajar yang bisa dilakukan tanpa tatap muka.
No comments:
Post a Comment